Mengakses File Rekaman Cloud

Panduan ini menjelaskan langkah-langkah untuk menghentikan rekaman rapat Zoom yang disimpan di cloud, menyelesaikan rapat, dan mengakses file rekaman melalui dashboard Rapatin.

Langkah 1: Menghentikan Rekaman

Setelah kegiatan sudah selesai dan merekam pun juga selesai, hentikan rekaman:

  • Klik ikon Stop Recording (ikon dua kotak di bawah layar Zoom).

  • Akan muncul pop-up bertuliskan "Are you sure you want to stop recording to the cloud?"

  • Klik tombol Yes untuk menghentikan proses rekaman cloud.


Langkah 2: Menutup Rapat

Setelah rekaman dihentikan:

  • Klik tombol End (di pojok kanan bawah layar Zoom).

  • Lalu pilih End meeting for all agar semua peserta keluar dan rapat berakhir.


Langkah 3: Proses Penyimpanan ke Memori Cloud

Setelah rapat berakhir:

  • Zoom akan secara otomatis menyimpan hasil rekaman ke server cloud.

  • Lama proses penyimpanan tergantung pada:

    • Durasi rapat

    • Jumlah peserta

    • Banyaknya aktivitas selama rapat (video, audio, screen share, dsb)

  • Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit hingga puluhan menit.


Langkah 4: Mengakses File Rekaman melalui Rapatin

Setelah proses penyimpanan selesai:

  • Buka aplikasi Rapatin.

  • Masuk ke menu Recordings pada sidebar kiri.

  • Akan muncul daftar rekaman yang berhasil tersimpan dan aktif.

  • Klik tombol View pada salah satu baris rekaman.

  • Di halaman detail rekaman Zoom, Anda bisa:

    • Memutar ulang video rekaman

    • Mendownload file rekaman untuk backup atau dokumentasi


Tips Tambahan:

  • Rekaman hanya bisa dilakukan oleh Host.

  • Pastikan Anda sudah mengklaim Host menggunakan Hostkey dari halaman jadwal Rapatin.

  • Pastikan koneksi internet stabil selama rapat dan rekaman berlangsung untuk mencegah gangguan.

Last updated

Was this helpful?